Macam-Macam program Desain Grafis yang Perlu Anda Kenali

program desain grafis

Bagaimana Memilih Program Desain Grafis?


DesainavirssProgram desain grafis – Desain grafis saat ini menjadi bagian yang sangat melekat dengan komunikasi. Bagaimana tidak, mulai dari bisnis, politik, pendidikan, kegiatan sosial non profit, atau bahkan komunikasi komunitas semua menggunakan desain grafis sebagai senjata ampuh. Untuk mentransformasikan pesan yang ingin disampaikannya ke khalayak umum. Oleh karena itulah, tidak ada media promosi, pamflet, brosur atau sampai dengan poster yang terlepas dari peran desain grafis. Bahkan apabila kita membuka dompet dan melihat lembaran uang kertas, yang akan kita temukan adalah wujud uang kartal yang memiliki nilai desain grafis.

Maka tidak berlebihan jika ada pihak anonim yang mengemukakan pendapat bahwa “visual speaks louder” atau dapat diartikan “visual mampu berbicara lebih lantang”. Alasannya tak lain adalah karena sifat visual yang langsung menarik perhatian pemirsa sejak pandangan pertama.

Berbeda dengan pesan kata yang disuratkan lewat tulisan ataupun suara yang tidak menyentuh pandangan mata. Oleh karena itu, tak heran jika pekerjaan sebagai desainer grafis saat ini banyak diminati. Karena peluang desain grafis yang tersedia tidak pernah berkurang, justru selalu bertambah kian hari setiap manusia memilih untuk beraktivitas. Nah, untuk melakukan pekerjaan mendesain secara grafis, terdapat dua cara yakni cara tradisional dengan menggunakan alat tulis manual atau dengan cara digitalisasi yang menggunakan perangkat komputer dengan program desain grafis tertentu.

Desain Grafis di Zaman Sekarang

Saat ini, desainer grafis lebih banyak memilih media digital untuk menuangkan idenya dalam sebuah karya visual. Hal tersebut dikarenakan sifat desain grafis digital yang rapi, mudah disimpan dan diubah, serta lebih dinamis. Namun, beberapa desainer grafis juga masih mempertahankan cara manual. Selain itu, seorang desainer grafis sebaiknya juga mempunyai kemampuan mendesain secara manual yang berguna untuk kematangan konsep saat dilakukan desain secara digital. Bahkan umumnya para desainer grafis melakukan rancangan desain secara manual sebelum mentransformasikannya dalam bentuk digital dengan bantuan program desain grafis. Namun tak jarang juga para desainer grafis memilih cara mudah dengan langsung menuangkan karyanya pada media digital dengan bantuan pena scanner seperti wacom dan lain sebagainya.

Seperti Apa Program Desain Grafis ?

Nah, jika kita sudah mengenal mengenai konsep pembuatan desain grafis yang dapat dilakukan secara manual maupun digital, maka selanjutnya kita perlu mengetahui bagaimana kedua cara tersebut dapat dilakukan. Cara manual atau tradisional, tentu memerlukan tuangan ide menjadi sebuah karya dalam media tulis kertas pena dan alat desain lainnya. Sedangkan dalam desain dengan cara digital, yang perlu dilakukan adalah mengakrabkan diri dengan berbagai aplikasi desain grafis. Terdapat sangat banyak program yang dapat digunakan untuk melakukan desain grafis. Beberapa di antara aplikasi desain grafis antara lain CorelDraw, Photoshop, SAI Paint Tool, dan Adobe Indesign. Untuk memperoleh gambaran lebih jelas mengenai beberapa program pilihan desain grafis tersebut, berikut akan saya ulas program-program tersebut satu per satu.

CorelDraw

CorelDraw merupakan software yang sangat populer digunakan oleh para desainer grafis. Penggunaan CorelDraw pun cukup mudah. Para pengguna dapat memfungsikannya dengan kemampuan dasar untuk memperoleh hasil yang cukup. Namun, pengguna profesional juga dapat memanfaatkan segala fitur untuk hasil desain lanjutan bahkan sampai dengan kategori ahli.

Cara penggunaan CorelDraw pun cukup mudah, anda dapat menemukan tutorialnya di Youtube dengan lengkap, pada berbagai jenis desain yang diinginkan. Hal lain yang menjadi pertimbangan preferensi pengguna dalam memilih CorelDraw adalah kualitas gambar yang dihasilkan dapat dipilih dalam bentuk vektor ataupun piksel, tergantung bagaimana desain atau gambar yang telah dibuat tersebut diekspor, apakah dalam bentuk JPEG atau yang lain.

Selain itu, fungsi pintar CorelDraw dapat mengutak-atik bitmap dan memanipulasi desain dengan begitu rapihnya. CorelDraw juga hampir dapat membuka semua jenis objek yang diimpor sehingga pengguna tidak akan memerlukan banyak aplikasi tambahan yang ditujukan untuk menunjang kinerja CorelDraw.

Photoshop

Berbeda dengan CorelDraw, Photoshop merupakan program desain grafis yang berorientasi pada hasil gambar dengan detail piksel. Oleh karena itu, software ini mengutamakan produksi desain yang memiliki detail artistik untuk objek tertentu. Berbeda dengan coreldraw yang dipilih banyak untuk pembuatan objek yang tidak memiliki batasan skala seperti logo dan sejenisnya.

Photoshop dapat digunakan secara maksimal untuk membuat desain yang hampir menyentuh kesan realisme. Selain memiliki fitur bawaan yang cukup lengkap, Photoshop juga dapat dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan yang dapat didownload di luar penyediaan Photoshop sendiri.

Baca Juga: Membuat Planet Dengan Photoshop Kreasi anda Sendiri

Misal, jika anda mendesain objek dengan detail awan dan rerumputan yang tampak nyata, anda dapat terlebih dahulu mendownload paint brush untuk setiap tekstur yang diinginkan. Misal brush untuk rumput, brush untuk awan, brush untuk kayu, brush untuk darah, dan lain sebagainya. Kemudian menginstalnya sebagai brush tambahan di fitur brush bawaan Photoshop. Cukup memuaskan bukan?

SAI Paint Tool

Dibanding dengan CorelDraw dan Photoshop, SAI Paint Tool tergolong sebagai program desain grafis yang lumayan baru. Mungkin pengguna komputer secara umum tidak akrab dengan sotware grafis ini. Namun, software ini rupanya menjadi salah satu andalan terbaik yang dipilih oleh para weebtonist Indonesia ataupun luar negeri. Alasan SAI Paint tool sebagai media pembuatan desain grafis adalah karena fiturnya yang cukup lengkap dengan simulasi seolah-olah pengguna sedang dihadapkan dengan alat-alat gambar manual. Oleh karenanya, penggunaan SAI Paint Tool dapat dirasa lebih nyaman dan mudah.

Anda juga dapat mengkreasikan warna dengan paduan yang tegas atau lembut atau bahkan dengan teknik blending jika disederajatkan dengan desain manual. Selain itu, hasil gambar yang dihasilkan melalui SAI Paint Tool juga tergolong jernih dan HD sesuai dengan resolusi yang diinginkan. Umumnya, program desain grafis yang satu ini digunakan untuk membuat karakter dengan gaya seperti manga atau kartun dua dimensi.

Adobe Indesign

Seperti namanya, Adobe Indesign sudah pasti adalah salah satu produk Adobe yang difungsikan sebagai tata kelola desain. Lebih populer disebut dengan istilah layout. Konon, Indesign sendiri merupakan akronim dari insert design, yang berarti memasukkan desain yang sudah jadi ke dalam kolom-kolom untuk ditata sedemikian rupa sehingga menghasilkan desain tata letak (layout) yang baru. Adobe Indesign ini jarang digunakan oleh masyarakat luas.

Dibanding dengan CorelDraw atau Photoshop yang mungkin sangat umum ditawarkan kepada siapapun, Adobe Indesign hanya mungkin dimiliki oleh para desainer yang berkonsentrasi di bidang layouting, atau setidaknya membidangi kemampuan lain pada desain grafis. Selain itu, konten Adobe Indesign juga cukup berat dengan fitur yang tidak sesederhana Photoshop, CorelDraw, atau bahkan SAI Paint Tool.

Fitur dalam Adobe Indesign masih banyak yang diatur dengan perintah berurutan yang panjang sehingga tidak dimungkinkan masyarakat umum akan iseng-iseng mencobanya. Namun jika anda sudah mahir menggunakan Adobe Indesign. Anda seolah mendapatkan surganya layout. Karena Adobe Indesign ini hampir dapat diandalkan untuk segala jenis layout mulai dari layout sederhana sampai dengan layout lanjutan pada kelas pro. Nah, lain halnya dengan masalah import objek pada program desain grafis lain. Di sini anda harus benar-benar memperhatikan bahwa segala file yang diimport untuk keperluan insert design harus disimpan dalam satu folder khusus yang tidak dapat dipisahkan dari file layout Adobe Indesign.

Kesimpulan

Nah, itulah dia beberapa program desain grafis yang paling populer hingga saat ini. Masing-masing program tersebut tentu diproduksi dengan tujuan dan sasaran tertentu. Oleh karena itu, anda dapat menentukan program apa yang akan anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Ada baiknya jika anda memiliki lebih sari satu program untuk masing-masing tujuan. Misalnya, jika anda bermaksud membuat logo komunitas atau organisasi.

Jangan Lewatkan: Aplikasi Pembuat Logo dan Buat Logo Sendiri

Maka gunakanlah CorelDraw. Jika anda hendak membuat efek artistik yang mendetail, misal membuat objek realis, maka gunakalnkah Photoshop. Selanjutnya, jika desain grafis anda ditujukan untuk membuat karakter berbentuk seperti manga, maka gunakanlah SAI Paint Tool. Memang bukan berarti anda tidak dapat memfungsikan satu program saja untuk membuat segala macam desain grafis. Akan tetapi, sebagaimana saya ulas bahwa masing-masing program desain grafis tersebut memiliki fungsi dan kelebihan masing-masing. Sehingga, akan sangat baik jika anda memaksimalkan satu potensi pada satu konsentrasi desain grafis yang memang sesuai dengan peruntukannya.

(163)

Coba Baca Beberapa Berita Terkait

Mendapat Uang Dari Clixsense Mendapat Uang Dari Clixsense Mendapat Uang Dari Clixsense - Desainavirss - Anda sepertinya sudah tau tentang clixsense, yak! adalah suatu bisnis peri...
Speaker Huawei Am10 Cantik dan Indah Color Cube Speaker Huawei Am10 - Desainavirss - Pernahkan anda mendengarkan musik? Pasti pernah! Yah bila kita mendengarkan musik dengan suara pecah maka aka...
Ibadah Puasa dan Pergelaran Sepakbola Ibadah puasa telah datang Alhamdulillah menyambut ibadah puasa yang kembali fitrah, Ramadhan adalah saat berpuasa untuk membawa kita agar selalu meng...
Membuat Gambar Kartun Lucu dan Cantik Menjadi Foto... Membuat Gambar Kartun Lucu Desainavirss-Gambar Kartun Lucu - Salam pertemuan kembali buat kita semua, kali ini saya selaku admin desainavirss ak...
Harga Samsung S8 Edge Mempesona dan Mewah Harga Samsung S8 Edge Akan Segera Dirilis Desainavirss – Harga Samsung S8 Edge -  Samsung tampak makin gencar memasok produknya dengan mencipta...
Gambar Foto Wajah Kartun Muslimah 2016 Kumpulan Gambar Wajah Kartun Muslimah  2016 Desainavirss - Wajah Kartun Muslimah 2016 - Menjadi seorang wanita bukan merupakan perkara yang mudah...
Menghasilkan Dollar di Fiverr Menghasilkan Dollar di Fiverr Manjur 2016 Desainavirss - Menghasilkan Dollar Di Fiverr - Fiverr sebagai situs jual dan beli berbagai talent...